Beberapa hal yang menyebabkan profesionalisme pekerja di bidang TI masih
rendah:
- kurangnya totalitas dalam bidang TI (sebagai pekerjaan sambilan)
- belum adanya organisasi profesi bagi para profesional TI (misalnya yang
sekuat IDI, dll)
Usaha pemerintah dan swasta dlm mempersiapkan SDM di bidang TI:
- Program Sekolah 2000 oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia
- Program SMK TI / Diploma dan sarjana TI Æ oleh pemeerintah dan
swasta
Profesi di bidang TI relatif baru banyak tantangan perlu standarisasi
agar pelaku profesi dpt mempertanggungjawabkan kemampuannya dlm
menjalankan pekerjaan. Salah satu caranya adalah menjadi profesional dengan
sertifikasi (lambang dari profesionalisme).
Mengapa perlu sertifikasi??
- Pekerjaan di bidang TI membutuhkan kepakaran (expertise)
- Pekerjaan di bidang TI adl profesi menjual jasa perlu kepercayaan dari
pengguna Æ dibuktikan dgn sertifikat yg dimiliki pelaku profesi
Manfaat sertifikasi:
- Berperan serta menciptakan lingkungan kerja yg lebih profesional
- Mendapatkan pengakuan resmi pemerintah atas tingkat keahliannya
- Mendapatkan pengakuan dari organisasi sejenis (nasional, regional,
maupun internasional)
- Membuka akses ke lapangan pekerjaan (nasional, regional, maupun
internasional)
- Memperoleh peningkatan karier
LSP Telematika merupakan lembaga yang bersifat independen dan profesional di dalam membuat dan mengembangan standarisasi kompetensi kerja, melakukan Verifikasi terhadap tempat uji kompetensi yang berpedoman kepada ISO 17011, membuat materi uji kompetensi dan menerbitkan sertifikat kompetensi dengan menggunakan sistem yang berpedoman kepada ISO 17024, yang merupakan rujukan profesionalisme bagi industri di dalam dan di luar negeri.
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar