Beberapa hal yang menyebabkan profesionalisme pekerja di bidang TI masih
rendah:
- kurangnya totalitas dalam bidang TI (sebagai pekerjaan sambilan)
- belum adanya organisasi profesi bagi para profesional TI (misalnya yang
sekuat IDI, dll)
Usaha pemerintah dan swasta dlm mempersiapkan SDM di bidang TI:
- Program Sekolah 2000 oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia
- Program SMK TI / Diploma dan sarjana TI Æ oleh pemeerintah dan
swasta
Profesi di bidang TI relatif baru banyak tantangan perlu standarisasi
agar pelaku profesi dpt mempertanggungjawabkan kemampuannya dlm
menjalankan pekerjaan. Salah satu caranya adalah menjadi profesional dengan
sertifikasi (lambang dari profesionalisme).
Mengapa perlu sertifikasi??
- Pekerjaan di bidang TI membutuhkan kepakaran (expertise)
- Pekerjaan di bidang TI adl profesi menjual jasa perlu kepercayaan dari
pengguna Æ dibuktikan dgn sertifikat yg dimiliki pelaku profesi
Manfaat sertifikasi:
- Berperan serta menciptakan lingkungan kerja yg lebih profesional
- Mendapatkan pengakuan resmi pemerintah atas tingkat keahliannya
- Mendapatkan pengakuan dari organisasi sejenis (nasional, regional,
maupun internasional)
- Membuka akses ke lapangan pekerjaan (nasional, regional, maupun
internasional)
- Memperoleh peningkatan karier
LSP Telematika merupakan lembaga yang bersifat independen dan profesional di dalam membuat dan mengembangan standarisasi kompetensi kerja, melakukan Verifikasi terhadap tempat uji kompetensi yang berpedoman kepada ISO 17011, membuat materi uji kompetensi dan menerbitkan sertifikat kompetensi dengan menggunakan sistem yang berpedoman kepada ISO 17024, yang merupakan rujukan profesionalisme bagi industri di dalam dan di luar negeri.
Rabu, 22 Oktober 2014
Sertifikasi Profesi tantangan di era globalisasi
Tantangan di era globalisasi dan pasar yang kompetitif menuntut daya tahan dan daya saing sebuah kelompok, komunitas, organisasi dan negara dalam bentuk pengembangan sumber daya manusia sebagai aser intelektual menjadi salah satu faktor yang penting dalam mendukung produktivitas dan keunggulan kompetititf sebuah perusahaan. Pengembangan SDM strategik merupakan tuntutan bagi setiap organisasi untuk menyelaraskan program training dengan strategi organisasi. Selain itu, pengembangan SDM menuntut perpaduan yang sinergik antara aspek pembelajaran (learning) dan aspek kinerja (performance). Untuk itu, pengembangan SDM melalui program training di tempat kerja membutuhkan suatu sarana dan fasilitas yaitu Training Center. Untuk merealiasikan upaya peningkatan pembelajaran dan kinerja, maka diperlukan suatu standar kompetensi profesi khususnya bagi para training manager untuk mengelola training center dalam suatu organisasi. Isu sertifikasi menjadi sangat hangat dibicarakan oleh berbagai kalangan khususnya pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembinaan profesi baik pendidikan, kesehatan, keuangan, pemerintahan dan kemasyarakatan. Isu sertifikasi menjadi salah satu cara yang digunakan dalam membangun struktur karir profesional dan pengembangan kualitas atau mutu. Seperti sertifikasi untuk ISO 31000 untuk Risk Management Standard, ISO 2600 untuk Social Responsibility, Standar “Chain Of Custody”, Standar ISO 9001, Standar ISO 14001, Standar Sustainable Forest Management dan masih banyak lagi.
Anda Ingin Profesi anda disertifikasi, silahkan isi form untuk melengkapi kelebihan anda sehingga karir anda akan meningkat drastis
Langganan:
Postingan
(
Atom
)