. Lembaga Sertifikasi Profesi: Keuntungan Pendidikan SMK dan Manfaatnya

Kamis, 30 Oktober 2014

Keuntungan Pendidikan SMK dan Manfaatnya



Pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
    • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
    • Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
      Sekolah menengah kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs. SMK sering disebut juga STM (Sekolah Teknik Menengah). Di SMK terdapat banyak sekali Program Keahlian.


      Madrasah aliyah kejuruan (MAK)
      adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs.
      Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_kejuruan

      Ada 3 (tiga) Keuntungan bagi Setiap Lulusan SMK, yaitu.

      1. SMK memiliki peran menjadi jembatan bagi masyarakat yang kurang mampu agar mampu menyesuaikan taraf hidupnya dengan lebih meningkat.
      2. Lulusan SMK dapat memilih rencana selanjutnya setelah lulus sekolah, apakah akan bekerja atau berwirausaha? Sehingga di saat sudah mulai memiliki penghasilan, lulusan SMK memiliki pemikiran untuk meningkatkan kompetensi dan taraf hidupnya dengan melanjutkan sekolah lagi.
      3. SMK sangat kompetan dalam memberikan dukungan pada pertumbuhan ekonomi dan industri di Indonesia. 
       

      Tidak ada komentar :

      Posting Komentar