. Lembaga Sertifikasi Profesi: ROI sesudah Sertifikasi Profesi

Jumat, 05 Desember 2014

ROI sesudah Sertifikasi Profesi

ROI (singkatan bahasa Inggris: return on investment) atau ROR (singkatan bahasa Inggris: rate of return) – dalam bahasa Indonesia disebut laba atas investasi – adalah rasio uang yang diperoleh atau hilang pada suatu investasi, relatif terhadap jumlah uang yang diinvestasikan. Jumlah uang yang diperoleh atau hilang tersebut dapat disebut bunga atau laba/rugi. Investasi uang dapat dirujuk sebagai aset, modal, pokok, basis biaya investasi. ROI biasanya dinyatakan dalam bentuk persentase dan bukan dalam nilai desimal.
sumber : wikipedia.org

Saat anda ikut sertifikasi profesi memang kita akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit, dan itu tentunya jadi tanggungan anda, tetapi seberapa lama uang yang kita investasikan untuk mengikuti sertifikasi itu akan balik itu yang harus anda fikirkan, misalkan anda dikenakan biaya sertifikasi profesi sebesar 5-10 juta termasuk pelatihan dan sertifikat, berapa lama anda akan balik sesudah anda lulus dan dapat sertifikat ?

Secara umum kenaikan sesudah sertifikasi apabila anda tetap diperusahaan anda sebelumnya, dan tidak berencana untuk pindah, maka ROI yang akan anda peroleh sebesar 20% dari gaji awal diperusahaan anda sebelumnya, misal anda digaji 10 juta, sesudah sertifikasi tentunya anda memiliki nilai tambah, dan kinerja anda juga akan kelihatan oleh manajement, sehingga anda tentunya akan diperhitungkan, sehingga gaji anda akan naik menjadi kurang lebihnya 12 juta, karena naik 20%, ini berlaku bagi swasta maupun juga pihak pns, tentunya itu yang anda harus perhitungkan apabila anda memang ingin investasi di sertifikasi profesi, belum nanti apabila anda mendapat promosi jabatan, tentunya kenaikan itu akan sangat signifikant, bisa aja anda naik 50 % dari gaji terakhir, jadi anda jangan ragu untuk mengambil sertifikasi profesi, karena ROInya sangat cepat sekali, bahkan 3 bulan pun anda sudah balik uang yang anda investasikan untuk mengikuti biaya pelatihan maupun sertifikasi profesi.

Belum nanti apabila MEA 2015 diperlakukan, dan anda sudah punya kompetensi yang lebih dari teman-teman anda, tentunya anda akan diperhitungkan, selain gaji, bisa promosi, atau bahkan anda bisa dapat pekerjaan baru yang gajinya 2x lipat dari pekerjaan sekarang, jadi segera daftarkan diri anda untuk mengikuti sertifikasi profesi untuk jenjang karier atau untuk peluang kerja yang lebih baik.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar