. Lembaga Sertifikasi Profesi: Cara Sederhana Meningkatkan Kinerja dan Loyalitas Karyawan Perusahaan

Rabu, 29 Oktober 2014

Cara Sederhana Meningkatkan Kinerja dan Loyalitas Karyawan Perusahaan

Karyawan atau Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu kekuatan perusahaan dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan. Mulai dari karyawan tingkat operasional sampai dengan managerial adalah satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan untuk mencapai kinerja dan performan kinerja yang tinggi. Sebagai pelaku bisnis yang hampir semua pekerjaan di lakukan oleh karyawan hendaklah kita selalu meningkatkan dan menjaga kinerja karyawan agar tetap optimal, karena tanpa keberadaan karyawan bisnis tidak akan berjalan. Karyawan atau SDM adalah aset yang sangat berharga bagi kemajuan perusahaan, karena tanpa karyawan yang bagus dan berkualitas tidak akan pernah terjadi perusahaan yang besar dan luar biasa.

Untuk tetap menjaga agar performan karyawan terus bagus dan bahkan meningkat, kita sebagai pelaku bisnis hendaklah membina semangat dan gaerah mereka dalam bekerja. Ada berbagai hal untuk tetap menjaga dan mempertahankan kinerja karyawan agar tetap prima. Menjaga kinerja karyawan sangat penting sehingga semua pekerjaan akan maksimal di semua lini. Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan kinerja karyawan seperti:

Melakukan Training untuk meningkatkan motivasi dan pengetahuan karyawan.
 
Training bisa di lakukan untuk penyegaran kinerja dan semangat karyawan yang selama ini telah bekerja begitu penatnya, sehingga perlu adanya suasana yang membuat mereka bergaerah kembali dalam bekerja. Training juga bisa di gunakan dalam mengupgrade pengetahuan dan ketrampilan karyawan sesuai dengan tujuan perusahaan. Training ini biasanya di bagi dua tergantung dari tujuan kita melakukan training tersebut. Outbound training biasa dilakukan untuk training karyawan yang mengharapkan peningkatan motivasi dan ketrampilan kerja dengan cara yang berbeda, karyawan di ajak melihat suasana kerja dengan kacamata yang berbeda tapi masih bisa di aplikasikan dalam dunia pekerjaannnya, sedangkan In Class training biasanya banyak di isi oleh materi-materi untuk membuka wacana baru atau trend industry saat ini sehingga karyawan akan terpompa motivasinya ketika melihat kompetisi ke depan semakin ketat. Keduanya baik tergantung dari kebutuhan kita saat ini yang sesuai dengan kondisi karyawan dan perusahaan saat ini dan masa yang akan datang.

Kedekatan emosional antara atasan dan bawahan juga bisa menjaga kinerja karyawan, karena pada prinsipnya karyawan juga manusia, yang ingin di hargai dan di perhatikan. Perhatian sekecil apapun akan bisa meningkatkan dan menjaga kinerja karyawan.

Pemberian Penghargaan kepada karyawan.

Hal ini bisa juga di lakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan, tapi hati-hati cara melakukannnya karena bisa saja ketika reward tidak bisa di jaga akan cepat sekali mendemotivasi karyawan, karena karyawan yang biasa dengan reward akan bisa merubah motif dalam bekerja.

Jalin hubungan kedekatan antar keluarga karyawan.

 Kegiatan ini bisa dilakukan ketika skala perusahaan masih kecil, atau level tertentu saja misal cabang atau rayon yang bisa di lakukan sewaktu-waktu, karena dalam melakukan tidak memerlukan waktu khusus dengan settingan khusus, misal dilakukan pada saat hari ulang tahun perusahaan, atau arisan antar keluarga karyawan. Hal tersebut akan membawa suasana yang hangat dan menambah betah karyawan di dalam perusahaan karena keluarga juga mendukung.

Demikian sekelumit tentang bagaimana meningkatkan kinerja karyawan, sehingga karyawan akan selalu menunjukan kinerja yang optimal sepanjang hari. Semoga sedikit tips ini bisa memberikan perubahan bagi perusahaan bapak ibu semua, sehingga akan mebawa kesuksesan untuk kita semua.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar