. Lembaga Sertifikasi Profesi: Masyarakat Ekonomi ASEAN Harus Dilihat Sebagai Kesempatan

Rabu, 08 Oktober 2014

Masyarakat Ekonomi ASEAN Harus Dilihat Sebagai Kesempatan



Dalam rangka menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015, pada akhir tahun 2015 Indonesia akan dihadapkan pada integrasi ekonomi di wilayah Asia Tenggara dimana arus barang, jasa, dan modal akan semakin terbuka antara negara-negara anggota ASEAN.

Masyarakat Ekonomi ASEAN harus dilihat sebagai kesempatan dibandingkan sebagai kerugian, dan jika kita berbenah serta terus meningkatkan daya saing kita, saya yakin kita akan berhasil. Perusahaan yang berdaya saing adalah perusahaan yang menghasilkan produk bermutu dengan biaya efisien. Hal ini sangat relevan dengan upaya Pemerintah dalam peningkatan perlindungan konsumen karena konsumen mendapatkan produk dan jasa yang aman dengan harga yang kompetitif.

Konsumen cerdas adalah konsumen yang mampu menegakkan hak dan kewajibannya selaku konsumen; meneliti barang dan jasa sebelum membeli; memperhatikan label, manual dan kartu garansi serta masa kadaluarsa; memastikan produk sesuai mutu kesehatan, keamanan, keselamatan, dan lingkungan (K3L); serta membeli sesuai kebutuhan dan bukan keinginan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar