. Lembaga Sertifikasi Profesi: Menghadapi Persaingan Kerja

Rabu, 08 Oktober 2014

Menghadapi Persaingan Kerja

Dalam dunia kerja pasti terdapat persaingan-persaingan dengan orang lain. Apalagi di era saat ini yang persaingan semakin ketat. Untuk mengahadapi persaingan-persaingan dunia kerja, berikut hal-hal yang dapat kita pelajari .

Dalam mengahadapi persaingan, kita harus memiliki mental yang kuat dan keterampilan yang baik. Tidak hanya memerlukan pendidikan dan gelar saja, namun juga perlu kecakapan, kepribadian yang baik, dan loyalitas dalam menjalankan pekerjaan. Kita juga harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik supaya tidak terjadi kesalahpahaman dengan pihak lain.

Di era globalisasi saat ini, teknologi jaringan sosial berkembang sangat pesat. Dalam dunia kerja kita harus respon dengan perkembangan tersebut. Kita harus terbiasa dengan komunikasi informal dan komunikasi langsung lewat jaringan sosial. Menggunakan teknologi yang berkembang saat ini dengan baik. Dan juga harus bisa menjaga sikap meskipun dalam jejaring sosial.

Dalam lingkungan kerja, kita tidak mungkin bisa menghindari rekan-rekan kerja di kantor. Untuk itu dalam menghindari konflik-konflik yang mungkin bisa terjadi kita harus bisa pandai-pandai berinteraksi dan bergaul dengan rekan-rekan kerja kita. Kita juga harus bisa pandai-pandai menyesuaikan diri di tempat kerja. Jika kita pandai berinteraksi dan komunikasi dengan baik, maka akan bisa mendorong kita untuk meningkatkan karir kita dalam dunia kerja.

Persaingan dalam dunia kerja bisa menimbulkan hal-hal yang buruk yang tidak kita inginkan bisa terjadi kepada kita. Misalnya karena ada rekan kerja yang iri kepada kita, dia nekat untuk mencelakai kita. Untuk itu dalam dunia kerja kita tidak boleh egois soal pekerjaan. Jika kita bisa membantu orang lain, maka seharusnya kita membantu tetapi kita juga harus bisa menunjukkan produktifitas kerja yang baik. Karena dalam dunia kerja kita dituntut untuk bisa bekerjasama dengan baik dengan rekan kerja lain.

Jika suatu ketika kita terdapat konflik dengan teman kerja, sebaiknya kita menyelesaikan konflik tersebut dengan orang yang bersangkutan dan membicarakannya dengan baik-baik. Jika kita menceritakan masalah kita dengan orang ketiga, belum tentu orang ketiga bisa memberikan solusi yang tepat. Bahkan orang ketiga bisa menimbulkan masalah baru. Untuk itu seharusnya kita menyelesaiakan masalah kita sendiri untuk menghindari kesalahpahaman.

Jika ada isu buruk tentang kinerja kita, jangan terpancing dengan emosi. Hadapi langsung dengan orang pembuat isu buruk tentang kita dan bicarakan dengan baik-baik. Fokuskan pembicaraan kita dengan masalah pekerjaan, jangan membicarakan masalah lain yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Karena hal itu bisa menimbulakan masalah yang lebih panjang. Yakinkan kepada teman kita bahwa bisa bekerjasama dengan baik.

Dalam dunia kerja, jangan mudah mengumbar masalah pribadi. Karena untuk menyesuaikan diri di dunia kerja membutuhkan waktu yang lama. Jika kita mudah mengumbar masalah yang bersifat pribadi bukan tidak mungkin teman yang kita curhati akan menceritakan kepada pihak lain dan bisa menimbulkan konflik baru.

Saat bekerja kita harus bersungguh-sungguh mengerjakan pekerjaan kita. Jangan mudah terpancing dengan omongan-omongan teman yang dapat mengundang emosi. Untuk bisa meningkatkan posisi kita, kita harus bisa menunjukkan produktifitas kerja kita yang baik. Harus bisa mengerjakan tugas yang diberikan atasan dengan baik sesuai dengan waktu yang telah diberikan.

Bersikaplah rendah hati kepada semua rekan-rekan kerja. Meskipun rekan kita membenci kita, jangan pernah kita membencinya. Tunjukkan sikap yang baik kepadanya. Kita juga harus bisa menjaga sikap dengan atasan. Harus bisa membedakan bersikap kepada atasan dengan bersikap kepada teman.
Agar bisa sukses dalam dunia kerja pada masa mendatang, kita harus bisa berfikir secara global dengan perkembangan yang semakin pesat. Berusaha mencari pengalaman dan ilmu sebanyak-banyaknya. Kita jangan terpengaruh dengan orang lain yang bisa merusak citra baik kita.

1 komentar :

  1. persaingan kerja yang tidak sehat memang kerap menimbulkan konflik, sehingga menciptakan ketidaknyamanan di lingkungan kerja.

    BalasHapus