. Lembaga Sertifikasi Profesi: Tips Tips Mendapatkan Pekerjaan, Untuk Mahasiswa dan Alumni Baru

Selasa, 28 Oktober 2014

Tips Tips Mendapatkan Pekerjaan, Untuk Mahasiswa dan Alumni Baru

Setiap mahasiswa tentunya bercita cita mendapatkan pekerjaan yang baik setelah lulus kuliah. Namun tidak mudahmendapatkan pekerjaan yang baik di tengah era persaingan yang sangat ketat saat ini, di antara ribuan sarjana barusetiap tahunnya dan lowongan kerja yang terbatas. Perlu persiapan yang matang dan strategi khusus untukmemperbesar peluang kita lolos dari seleksi tersebut

Berikut beberapa tips dan hal hal yang perlu dipersiapkan sejak bangku kuliah untuk bekal perjuangan mencari kerja :


1-6 Persiapan Dari Bangku Kuliah

1. Target kan IPK diatas 3 (tiga)..

Salah satu persyaratan dan kriteria seleksi awal dalam penerimaan pegawai disuatu perusahaan biasanya adlah IPKminimum, ada yang menyaratkan minimal 2,75, banyak pula yang mensyaratkan minimal 3.. untuk amannya, jika kaliansaat ini masih menjadi mahasiswa, targetkan IPK diatas 3 untuk memperbesar peluang lolos seleksi awal di suatuperusahaan.



2. Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan Berbahasa Inggris adalah hal yang mutlak saat ini, beberapa Perusahaan bahkan mensyaratkan NilaiTOEFL minimal sebagai salah satu criteria seleksi. Selalu asah kemampuan bahasa inggris sejak di bangku sekolah ataukuliah.

Ingatlah bahwa kemampuan berbahasa asing bukanlah sesuat yang Instant, baru mengikuti kursus TOEFLPreparation setelah tamat kuliah dan mengharapkan nilai TOEFL diatas 500 adalah sesuatu yang konyol.

Jika diperlukan, Ikuti kursus Bahasa Inggris dari bangku sekolah atau kuliah.baik regular, conversation maupun TOEFLPreparation. Untuk memperkaya vocabulary sering sering lah membaca literature berbahasa inggris, sesekali bacaKoran bahasa inggris (The Jakarta Post misalnya), mengartikan lagu lagu berbahasa inggris atau sambil nonton, cermati dialog dalam film film holywood.

Selain sertifikat TOEFL sebagai syarat awal, Beberapa perusahaan biasanya juga menyelenggarakan tes tertulis bahasainggris dan wawancara dalam bahasa inggris.



3. Kemampuan Komputer

Kemampuan Komputer adalah syarat mutlak lainnya. Program Program Standard Microsoft Office seperti Word, Exceldan Power Point wajib dikuasai dengan baik. Selain itu merupakan nilai plus jika mengusai pula software softwarependukung yang umum, seperti Auto Cad, Corel Draw, Photoshop, Visual Basic, atau yang khusus keteknikkimiaanseperti Hysis atau ChemCAD.

Akan lebih baik jika Curiculum Vitae anda dilengkapi dengan Sertifikat dari lembaga kursus computer .

Ingatlah bahwa, Program Program Komputer selalu berkembang dengan cepat, kita harus dengan cepat juga menyesuaikan diri, jangan cepat puas jika telah mengusa dan hanya terbiasa dengan office 2003 misalnya, sementara versi 2007 dan bahkan 2010 telah beredar.

4 Pengalaman Organisasi.

Perusahaan pada dasarnya adalah suatu organisasi juga, kesuksesan suatu pekerjaan membutuhkan suatu kerjasamateam dalam struktur organisasi perusahaan, Oleh karena itu, setiap Perusahaan biasanya akan memberikan nilai pluskepada calon pekerja nya yang memiliki pengalaman organisasi saat dibangku kuliah.

Pengalaman Organisasi yang dimaksud tidak harus menjadi ketua himpunan, terlibat aktif dalam kepanitiaan acara acaratertentu sudah cukup.

Mencari sponsor untuk suatu kegiatan misalnya, akan melatih kemampuan komunikasi dan bernegoisasi kalian yangakan sangat terasa manfaat nya di dunia kerja nanti.

Dalam Curiculum Vitae cantumkan jabatan yang pernah kalian duduki di suatu organisasi di bangku sekolah atau kuliahdan di saat wawancara jika ditanya jelaskan aktivitas kalian dalam berorganisasi dan peran kalian dalam suatu kegiatan.

Ingat, lebih banyak posisi pekerjaan yang membutuhkan orang yang bisa dan biasa bekerjasama dalam team, bukanseorang individualis atau kurang bergaul. Belajar yang rajin dan sering ke perpustakaan itu bagus, tetapi itu sajatidak cukup untuk sukses dalam berkarir.



5. Kemampuan Berkomunikasi.

Tidak semua posisi pekerjaan membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik, akan tetapi dalam menghadapiwawancara pekerjaan, kemampuan ini terkadang menjadi kunci diterima atau tidak nya seseorang oleh tim pewawancarasuatu perusahaan. Seorang calon pekerja yang pintar tetapi kurang dapat mengkomunikasikan gagasan gagasan nyaatau terlalu gugup saat berhadapan dalam sesi wawancara sehingga lebih banyak terdiam, tentu akan kalah bersaingdengan calon pekerja lain yang secara akademik biasa biasa saja, tetapi cerdas dalam berkomunikasi, memilih bahasayang baik untuk menjelaskan pendapat pendapat nya dan lebih rileks dalam menghadapi suatu sesi wawancara.

Memang ada orang orang yang mempunyai bakat lahir cerdas berkomunikasi, akan tetapi kemampuan ini dapat diasahdari bangku sekolah dan kuliah. Aktif berorganisasi adalah salah satunya, selain itu menjadi asisten dosen atau asistenlaboratorium atau guru bimbingan belajar secara tidak langsung membuat kita belajar dan akhirnya terbiasa berbicara didepan umum, menghilangkan rasa canggung dan demam panggung saat berhadapan dengan orang banyak atau forumresmi. Selain itu, hal ini dapat membuat kita terlatih menuturkan sesuatu secara sistematis.

Untuk Mahasiswa, ayo manfaatkan masa kuliahmu dengan baik, masa masa terindah dalam hidup ini terlalusayang jika hanya dihabiskan untuk duduk di kelas kemudian pulang..

6. Manfaatkan Waktu Kerja Praktek atau Magang

Kerja Praktek atau Magang merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk merasakan atmosfer dunia kerja yangsesungguhnya. Sedapat mungkin, Pilih tempat Kerja Praktek di perusahaan yang Bonafide, kemudian dalam waktu yangsingkat, selain hal hal teknis yang terkait dengan laporan Kerja Praktek, cobalah untuk menyelami seluk belukperusahaan tersebut, terutama pola kerja dan karakter pekerja pekerjanya.

Karyawan disitu adalah orang orang pilihan yang telah lulus seleksi Perusahaan tersebut, dengan memahami karakterdan pola kerja mereka, kalian tentu akan lebih paham, orang dengan kemampuan dan karakter seperti apa yangdiinginkan oleh suatu perusahaan.


7-12 Setelah Lulus Kuliah

7.Siapkan Surat Lamaran dan Curiculum Vitae Dengan Baik

Tahap pertama dari seleksi masuk suatu perusahaan, biasanya adalah seleksi administrasi.

Bayangkan pekerjaan tim seleksi yang harus menyeleksi ribuan berkas lamaran, jadi buatlah berkas lamaran kalianmenarik dan sesuai dengan yang diminta perusahaan tersebut dalam iklan lowongan kerjanya, agar tidak dilempar kekeranjang sampah pada 5 detik pertama..

Hal hal kecil yang tercantum dalam iklan lowongan kerja, harus diperhatikan, seperti : “cantumkan kode posisi di sudutkanan atas”, nah, jika kalian lupa mencantumkan posisi atau menempatkan kode posisi di sudut kiri atas, bisa bisaberkas lamaran kalian tidak akan dproses lebih lanjut.

Begitu pula dengan syarat syarat administrasi lainnya yang diminta dalam iklan lowongan kerja, seperti : , Legalisir Ijazah,sertifikat Tes TOEFL, dan lain lain, urutkan sesuai yang diminta.

kata kuncinya : buatlah pekerjaan tim seleksi menjadi mudah.

Untuk membuat surat lamaran, faktor pertama yang perlu diperhatikan adalah bahasa, sebaiknya buat surat Lamarandalam bahasa inggris, kecuali diminta lain dalam iklan lowongan kerja, perhatikan ejaan dan grammar nya, Belilah bukubuku yang memuat contoh contoh surat lamaran dan curriculum vitae untuk memudahkan…,

Akan tetapi, jangan membuat satu surat lamaran yang sama untuk semua pekerjaan yang ingin dilamar, customisasi setiap surat lamaran sesuai dengan Perusahaan dan Posisi yang dilamar, dan tunjukkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk bekerja dalam surat lamaran tersebut. Misalnya untuk melamar ke suatu posisi di Perusahaanyang bergerak dibidang LNG (Liquid Natural Gas), dapat ditambahkan kata kata sebagai berikut :

"Even though I lack experience at the LNG process, I am sure my educational background and my ethusiasm will help me succed at this work. Basically, I am very interested to learn more about the LNG process as the future source of energy with good prospects."



8. Cari Informasi Lowongan Kerja Sebanyak banyaknya

Tahap berikutnya adalah beburu informasi Lowongan Pekerjaan, banyak media yang bisa kalian manfaatkan, : SuratKabar, Situs Situs Informasi Kerja,Jobs DB, Mailing List dan Website Alumni, Career Centre di Unviersitas Unviersitastertentu, Bursa kerja dan lain lain.

Jangan hanya menunggu, pemberi kerja tidak akan datang mengetuk pintu rumahmu untuk menawarkanpekerjaan. Jika di kota tempat tinggal kalian peluang kerja nya terbatas, cobalah untuk merantau, manfaatkan sanaksaudara di kota yang dituju untuk menumpang sementara, atau dapat pula dengan menyewa rumah atau tempat kosbersama teman teman satu almamater..

Hal ini bukan untuk mendorong arus urbanisasi ke Ibu kota, tetapi memang fakta di Indonesia saat ini, sebagian besarpeluang kerja ada di kota kota besar, paling tidak kota kota besar tersebut menjadi tempat test awal untuk kemudiansetelah diterima ditempatkan di kota lain sesuai aktivitas bisnis perusahaan tersebut.

9. Beli Buku Buku Tes Potensi Akademik dan Psikotes

Beberapa jenis test seleksi masuk yang umum di banyak perusahaan antara lain Test Potensi Akademik (TPA) danPsikotest. Belilah beberapa Buku TPA dan Psikotest tersebut dan berlatihlah.

Bentuk Psikotest yang biasanya di pakai di banyak test masuk perusahaan antara lain : Wartegg Test , yaitu testmelengkapi gambar, ( biasanya ada 8 gembar berupa titik, garis lurus, dan garis lengkung untuk dilengkapi) , Draw A Men Test - menggambar manusia atau pohon.

Faktor faktor yang dinilai dalam tes tes gambar semacam ini bukanlah bagus atau tidaknya gambar melainkan antaralain, imajinasi dan kreativitas (lebih lengkap mengenai hal ini bisa search di internet atau baca buku buku psikotest)

Kemudian ada juga test Kraeplien/Pauli ,dimana terdapat sejumlah deretan angka membujur dari bawah keatas, andadiminta untuk menjumlahkan dua angka dan menuliskan hasilnya disampingnya, dalam test ini yang diukur antaralainkonsentrasi, konsistensi , ketahanan dan ketelitian. Edwards Personel Preference Schedule (EPPS), berupa teskepribadian, pilihlah jawaban jawaban yang paling mencerminkan diri anda secara jujur dalam test ini. dan lain lain

Kata kunci nya adalah membiasakan diri dengan bentuk bentuk soal.

Sering berlatih dalam Test Potensi Akademik akan mengasah nalar dan meningkatkan kecepatan dalam pengerjaan soal,sementara dalam psikotest, biasanya tidak ada benar salah secera mutlak, test dilaksanakan untuk sedapat mungkinmenangkap kepribadian anda, (disesuaikan dengan karakter orang yang dibutuhkan perusahaan pada posisi pekerjaanyang dilamar), akan tetapi dengan terbiasa dengan bentuk bentuk soal tersebut, kita menjadi tidak kaget lagi dan dapatmengerjakannya dengan enjoy..

10. Tips Wawancara

Wawancara adalah tahapan yang paling krusial, setelah banyak tahapan test berhasil dilewati, sayang jika anda gagal diwawancara. Dalam suatu sesi wawancara yang biasanya tidak lebih dari 1 jam, pewawancara ingin menggali lebih dalamkemampuan dan kepribadian anda, oleh karena itu tampillah sebaik mungkin, relaks tetapi tetap sopan sehingga dapatdengan lancar menjawab pertanyaan pertanyaan yang diajukan.

Banyak buku yang membahas secara detail mengenai tips wawancara ini, mulai dari penampilan, cara berjalan dari pintuke tempat duduk, cara duduk dan lain sebagainya, akan tetapi yang paling penting adalah bagaimana membuatpewawancara yakin, anda lah orang yang tepat untuk mengisi posisi yang ditawarkan, baik dari segi teknismaupun kepribadian.

Beberapa hari sebelum wawancara, pelajarilah mengenai Perusahaan tersebut, Search di Internet Website resmiperusahaan tersebut, jika posisi yang dilamar adalah bidang yang teknis, bukalah kembali buku buku kuliah, Tugas Akhir,atau literature literature terkait hal tersebut, memang belum tentu semua yang dipelajari akan ditanyakan, tetapi palingtidak dengan bekal yang cukup, anda akan tampil lebih percaya diri saat sesi wawancara.

Jujurlah menjawab pertanyaan pertanyaan umum yang diajukan, yang biasanya ditujukan untuk menggali kepribadian,bersikap wajar, apa adanya dan tidak dibuat buat, serta tunjukkan minat dan motivasi yang tinggi untuk bekerja danmempelajari hal hal yang baru. Jika dibagian akhir wawancara anda diberi kesempatan untuk bertanya, pertanyaanseperti “Jika saya diterima, kapan saya bisa mulai bekerja Pak?” lebih baik dibandingkan “ Berapa nanti gaji saya Pak?”..

Sesi wawancara adalah tahapan test yang paling subjektif, lebih kental unsur like and dislike nya, tetapi itu wajar, cobaposisikan anda sebagai pewawancara, dan perkirakan calon pekerja seperti apa yang kira kira layak diterima?, tentujawabannya antara lain : orang yang saat wawancara menjawab dengan lancar dengan diksi (atau pilhan kata) yang baik,dibanding yang gugup dan menjawab terbata bata. Kemudian orang yang berkepribadian menyenangkan, tidak kaku danmudah bekerjasama dengan orang lain (tidak ada salahnya sedikit senyum atau tertawa kecil jika pewawancara andayang memulai) dan sejenisnya.



11. Jaga Kesehatan dan Kebugaran

Tahap akhir dari rangkaian test penerimaan adalah Test Kesehatan dan kadang juga disertai Test Kebugaran (misalnyatest lari mengalilingi lapangan bola), untuk itu jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran..

sebagai salah satu panduan, Berikut artikel mengenai : Tips Tips Hidup Sehat dan Bugar Lahir Batin..



12. Berdoa dan Bertawakkal..

Akhir dari semuanya, Manusia tugasnya hanya Berikhtiar atau berusaha semaksimal mungkin, untuk hasil nya adalahkeputusan Tuhan, untuk itu jangan lupa terus berdoa dan bertawakkal kepada Allah SWT, minta diberikan jalan yangterbaik dalam menjemput Rezki yang dikaruniakan Nya kepada Kita.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar