. Lembaga Sertifikasi Profesi: MEA 2015, persaingan usaha semakin ketat

Senin, 05 Januari 2015

MEA 2015, persaingan usaha semakin ketat

2015 merupakan tahun penuh tantangan. Hal ini dikarenakan pada tahun ini, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai berlaku. Tidak akan ada lagi batas antara dunia industri negara-negara ASEAN. Jadi, persaingan dunia usaha akan semakin ketat.

Meskipun persaingan semakin ketat, ada banyak jenis usaha kecil yang menguntungkan yang dapat Anda coba. Salah satunya adalah usaha bersistem waralaba. Akan ada banyak usaha waralaba yang berasal dari berbagai negara di ASEAN yang masuk ke Indonesia. Akan tetapi, bila Anda memiliki usaha dengan sistem ini, Anda mempunyai kelebihan utama dalam bersaing dengan waralaba dari negara lain.

Keuntungan pertama adalah harga. Harga waralaba luar dipastikan akan jauh lebih mahal daripada waralaba lokal. Jadi, Anda akan lebih mudah mencari mitra untuk bisnis waralaba Anda.

Di lain sisi, bila Anda saat ini sedang mencari cara memulai usaha, MEA 2015 dapat menjadi kesempatan emas untuk memulai usaha dengan sistem waralaba. Akan ada banyak waralaba yang dapat Anda pilih. Tetapi, perhatikan beberapa hal, sebelum memilih usaha kecil yang menguntungkan ini.

Bije Widjajanto, pengamat waralaba Ben WarG Consulting Franchising dan Business memberikan 3 hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih waralaba ini. 3 hal tersebut adalah komitmen pemilik waralaba, perusahaan harus stabil dan lokasi usaha saat Anda menjalankan waralaba.

Persaingan waralaba ini juga disampaikan oleh Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi KADIN. Banyak waralaba dari luar ini membidik sektor pangan. Hal ini membuat persaingan usaha kuliner di Indonesia akan semakin ketat.

Menurut pemilik Nasi Gandul Mas Tri, Hefni Tri Sriyantono, waralaba di bidang ini juga sangat menjanjikan. Anda hanya perlu memilih jenis usaha kecil yang menguntungkan di bidang yang Anda sukai.

Biaya waralaba juga penting untuk Anda perhatikan. Bukan hanya biaya investasi awal untuk membeli hak waralaba. Biaya-biaya selanjutnya yang harus Anda keluarkan juga sangatlah penting.

Anda harus memperhitungkan biaya sewa tempat untuk menjalankan waralaba tersebut. Ada pula biaya royalti yang harus Anda bayar tiap bulannya. Bila perusahaan waralaba mewajibkan Anda membeli bahan baku dari pusat, maka biaya ini juga harus masuk dalam perhitungan Anda.

Pada dasarnya, 2015 adalah tahun terbaik untuk Anda yang ingin memulai usaha. Akan ada banyak kesempatan tersedia dengan banyaknya waralaba yang masuk ke Indonesia. Untuk Anda yang memiliki usaha dengan sistem waralaba, Anda pun mempunyai peluang untuk mengembangkan bisnis Anda. Peluang mendapatkan mitra akan lebih besar dan kesempatan mengembangkan usaha ini akan lebih terbuka.

Apapun itu, Anda harus berusaha lebih keras, lebih kreatif dan membuat berbagai inovasi baru agar usaha Anda dapat bertahan di tahun 2015. Dengan cara ini, semua jenis usaha kecil yang menguntungkan yang Anda jalankan akan membawa Anda menuju target sukses Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar