. Lembaga Sertifikasi Profesi: Sosialisasi SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Kominfo

Kamis, 08 Januari 2015

Sosialisasi SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Kominfo

Menyambut AFTA 2015, SKKNI menjadi sangat penting sekali untuk menyamaratakan kualitas tenaga kerja di Indonesia. Pemerintah pun gencar mengadakan sosialisasi untuk memperkenalkan SKKNI ini. Kali ini, sosialisasi diadakan di Hotel Empire Palace Surabaya. Acara ini digelar selama tiga hari yaitu hari Selasa-Kamis, 15-17 April 2014 dengan mengundang pembicara dari berbagai lembaga seperti Kementerian Komunikasi dan Informasi, Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Peserta sosialisasi pun berasal dari berbagai lembaga seperti SMK, Universitas, lembaga kursus, Dinas Pemerintah Kota termasuk Dinas Koperasi.

Beberapa materi yang disampaikan antara lain SKKNI Bidang Komunikasi dan Informatika, Link-and match Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi dan Kebutuhan Kompetensi Tenaga Kerja Bidang Kominfo, Kebijakan Kementerian KOminfo dalam Pembangunan Industri dan SDM Industri Kominfo, Kebijakan Pemerintah dalam Pengembangan SIstem Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan SDM Tenaga Kerja, Sistem dan Prosedur Penyusunan SKKNI sebagai Basis Sertifikasi Kompetensi.

Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan semakin banyak tenaga kerja Indonesia yang mendapat sertifikat di bidangnya, khususnya TIK. Nantinya sertifikat ini bisa dijadikan senjata untuk mencari pekerjaan dan bersaing dengan tenaga kerja dari luar negeri.
 
Sumber : http://dinkop-umkm.surabaya.go.id/

Tidak ada komentar :

Posting Komentar